Manfaat dari implementai ISO 9001:2015 dapat terbagi menjadi 3 bagian, sesuai dengan stakeholder dan target dari penggunaannya,
Bagi Organisasi
Manfaat
Proses Pencapaian
Peningkatan efisiensi tingkat operasional
Proses serta dokumentasi yang ditetapkan secara efektif menyebabkan pekerjaan dapat dilakukan secara konsisten, variasi yang tidak memenuhi standar mutu dapat diminimalkan dan tingkat kesalahan dapat dihindarkan.
Peningkatan efisiensi tingkat organisasi
Implementasi proses tindakan perbaikan dan pencegahan secara efektif menyebabkan solusi permanen terhadap permasalahan dapat diterapkan. Pekerjaan ulang dan waste diminimalkan.
Peningkatan produktivitas
ISO 9001: 2015 menekankan peningkatan berkelanjutan. Kinerja direview secara teratur dan fokus pada pencapaian target.
Peningkatan kinerja proses secara terus menerus.
Penerapan pendekatan proses secara efektif akan menyebabkan organisasi fokus pada proses bisnis. ISO 9001: 2015 mempersyaratkan proses pemantauan dan pengukuran kinerja proses dilakukan secara terus menerus.
Kepercayaan konsumen, mempertinggi posisi organisasi dalam persaingan di pasar
Implementasi dan sertifikasi ISO 9001: 2015 menyebabkan penilaian positif dari terhadap reputasi perusahaan. Sistem ISO 9001: 2015 menekankan pula proses bisnis yang focus pada pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Bagi Karyawan
Manfaat
Proses Pencapaian
Meningkatnya kepuasan karyawan dalam bekerja
Proses bisnis yang sistematis akan menuntun karyawan bekerja secara sistematis pula. Tingkat stress karyawan yang diakibatkan oleh ketidakjelasan dengan tidak adanya sistem yang mendukung mereka bekerja diminimalkan.
Meningkatnya kebanggaan terhadap perusahaan
Sertifikasi
yang diperoleh dari implementasi akan memberikan dampak positif terhadap rasa
memiliki dari karyawan terhadap perusahaan.
Timbulnya proses pembelajaran bagi keberhasilan dalam bekerja
Prosedur terdokumentasi, instruksi kerja yang informatif, alur kerja yang jelas memberikan kesempatan bagi karyawan baru untuk secara cepat beradaptasi dan karyawan lama mampu meminimalkan kesalahan dalam bekerja.
Bagi Konsumen
Manfaat
Proses Pencapaian
Produk dan jasa bermutu sesuai dengan harapan konsumen
Kesinambungan implementasi akan meningkatkan kemampuan perusahaan lebih fokus pada pelanggan. Perusahaan akan berorientasi pada keberhasilan dalam pemenuhan harapan konsumen secara lebih efektif. Identifikasi harapan konsumen dapat dilakukan secara sistematis, serta digunakan masukan dalam sasaran dan proses bisnis ditingkatkan untuk mendukung sasaran tersebut.
Meningkatnya kepuasan pelanggan
ISO 9001: 2015 memuat persyaratan bagaimana keluhan pelanggan ditindaklanjuti secara efektif. Ketidakpuasan pelanggan di masa mendatang selalu diupayakan dapat diminimalkan.
Kepercayaan yang tinggi, risiko transaksi yang rendah
Sertifikasi ISO 9001: 2015 merupakan salah satu sarana bagi perusahaan untuk menanamkan kepercayaan dan reputasi yang tinggi bagi pelanggan. Pengelolaan proses-proses sistem manajemen yang efektif menghasilkan masalah terhadap kualitas tidak ditentukan oleh pelanggan, namun telah dikendalikan secara efektif oleh perusahaan.