Penerapan ISO 9001 pada dunia industri atau bisnis lainnya sudah menjadi kebutuhan karena tujuan dan manfaat dari Sistem Manajemen MutuISO 9001 adalah sebagai pengendali mutu produk atau jasa dengan cara meningkatkankepuasan pelanggan melalui peningkatan berkelanjutan (continual improvement)
sehinggaperusahaan bisa bertahan dan berkembang.ISO 9001:2015 bertujuan membantu organisasi agar dapat menunjukkan kepada pelanggannya bahwa mereka menawarkan produk dengan kualitas yang konsisten.

ISO 9001 adalah sistem terpadu untukmengoptimalkan efektivitas mutu perusahaan dengan menciptakan kerangka kerja untuk suatu peningkatan atau perbaikan secara berkesinambungan

Penetapan persyaratan Sistem Manajemen Mutu perlu dilakukan oleh Perusahaan/Organisasi untuk:

a) Menunjukkan kemampuannya menyediakanproduk dan jasa secara konsisten memenuhi harapan pelanggan serta persyaratan hukum/peraturan yang berlaku.
b) Meningkatkan kepuasan pelanggan melaluipenerapan sistem yang efektif, termasuk proses untuk peningkatan sistem dan jaminan kesesuaian terhadap pelanggan dan persyaratan hukum/peraturan yang berlaku.

Manfaat lain dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 adalah:

  1. Menilai konteks organisasi secara menyeluruh untuk menentukan siapa yang dipengaruhi oleh pekerjaan mereka dan apa yangdiharapkan pelanggan dari organisasi. Ini akan memungkinkan untuk secara jelas menyatakan tujuan organisasi dan mengidentifikasi peluangb isnis baru.
  2. Menempatkan pelanggan sebagai prioritasutama, pastikan organisasi secara konsisten memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Ini dapat menyebabkan permintaan order yang berulang,
    client baru dan peningkatan usaha untuk organisasi.
  3. Bekerja dengan cara yang lebih efisien karena semua proses akan selaras dan dipahami olehsemua orang dalam bisnis atau organisasi. Ini akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi,sehingga menurunkan biaya operasional internal
  1. Menilai konteks organisasi secara menyeluruh untuk menentukan siapa yang dipengaruhi oleh pekerjaan mereka dan apa yangdiharapkan pelanggan dari organisasi. Ini akan memungkinkan untuk secara jelas menyatakan tujuan organisasi dan mengidentifikasi peluangb isnis baru.
  2. Menempatkan pelanggan sebagai prioritasutama, pastikan organisasi secara konsisten memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Ini dapat menyebabkan permintaan order yang berulang,
    client baru dan peningkatan usaha untuk organisasi.
  3. Bekerja dengan cara yang lebih efisien karena semua proses akan selaras dan dipahami olehsemua orang dalam bisnis atau organisasi. Ini akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi,sehingga menurunkan biaya operasional internal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat