Pengertian ISO 14001 adalah kumpulan standar yang sistematis terkait pengelolaan lingkungan yang disusun untuk membantu organisasi dalam meminimalisir dampak negatif kegiatan-kegiatan (proses dll) mereka terhadap lingkungan, seperti menimbulkan perubahan yang merugikan terhadap udara, air atau tanah. Juga dalam mematuhi peraturan perundangan-undangan dan persyaratan-persyaratan berorientasi lingkungan yang berlaku dan yang harus terus menerus dilakukan adalah untuk memperbaiki kedua hal sersebut secara konsisten.

Pengertian ISO 14000 secara umum dapat dikatakan sama dengan ISO 9001 tentang manajemen mutu dalam hal berkaitan dengan bagaimana sebuah produk diproduksi ketimbang tentang produk itu sendiri. Artinya standar-standar ini diterbitkan untuk manajemen perusahaan atau organisasi. Bukan untuk produk. Standar-standar tersebut mengarah pada proses yang dilakukan untuk menghasilkan suatu produk, bukan pada hasilnya.

Pengertian ISO 14001 bukan hanya berlaku secara global. Pengertian ISO 14001 tidak hanya berlaku bagi perusahaan atau organisasi yang kegiatan-kegiatannya menimbulkan limbah yang dapat mencemarkan lingkungan serta masyarakat, misalnya industri, konstruksi, dll. Tetapi pengertian ISO 14001 berlaku bagi semua jenis dan ukuran perusahaan. Melakukan program efisiensi energi listrik, air, dan sejenisnya juga merupakan tindakan yang harus dilakukan demi kelestarian lingkungan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai pengertian ISO 14001, Silahkan Klik www.sertifikasiiso.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat